WRC: Gendong Mesin Mitsubishi Evo X, Proton Iriz R5 Siap Kembali ke Balap Reli

Kejuaran balap reli WRC akan semakin menarik di musim 2018 nanti, pasalnya mobil Proton Iriz R5 yang baru saja keluar dari pabrik yang bermarkas di Derbyshire, Inggris ‘Mellors Elliot Motorsport’ dan akan dikenalkan secara resmi pada gelaran Goodwood Festival of Speed pada bulan depan.  Dan kabar terbarunya, mobil yang berasal dari Malaysia tersebut akan kembali ke dunia balap reli WRC pada musim 2018.

“Kami sudah merencanakan proyek ini bersama Proton sejak tahun lalu, dan kami langsung tertarik begitu melihat versi mobil jalanannya,” ucap Mellors. “Ukuran dan bentuk mobil Iriz sudah sangat cocok untuk reli.”

“Dengan basis mobil yang kuat, kami ingin memasukkan bahan-bahan yang tepat. Kami akan memakai mesin [Mitsubishi Lancer] Evo X 1600cc, sebuah proses yang akan semakin memperkuat mobil ini. “Selain mesin yang bagus, kami juga memiliki transmisi Xtrac, damper dari Reiger, rem buatan Brembo, dan elektronik dari Cosworth.

Program reli Proton sebelumnya terhenti pada empat tahun yang lalu, saat produksi mobil Satria Neo berakhir. “Proton tidak pernah kehilangan ambisi mereka di dunia reli,” tambah Mellors. “Proton sangat bersemangat dengan apa yang kami miliki saat ini. Tapi tentunya kami masih memiliki banyak pekerjaan, banyak testing dan pengembangan yang harus dilakukan.

“Kami akan debut di event Festival of Speed yang sebenarnya cukup ambisius, tapi kami sudah berada di jalur yang benar.” Iriz R5, yang akan tersedia dalam konfigurasi stir kanan dan kiri, akan melalui proses homologasi pada tanggal 1 Januari tahun depan.

 

Related posts

Leave a Comment