Makin Kencang – Internet Dengan Kecepatan 1,125TBPS Kini Sedang Dikembangkan

Di era mobilitas yang semakin tinggi saat ini, tentunya membutuhkan koneksi internet cepat untuk memudahkan segala aktivitas penggunanya. Kini para ilmuwan dari University College London telah sukses melakukan percobaan transfer data digital lewat kabel optik dengan kecepatan mencapai 1,125 terabits/detik.

Pimpinan tim ilmuwan University College London, Dr Robert Maher menjelaskan tingkat kecepatan ini 50 ribu kali lebih cepat dibandingkan kecepatan rata-rata koneksi broadband di Inggris yang mencapai 24 megabits/detik. Tingkat kecepatan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dengan kualitas HD dalam waktu 1 detik saja.

Hasil tersebut dimungkinkan dengan jalan menggunakan sejumlah teknik pemrosesan sinyal sekaligus. Tim ilmuwan tadi menggunakan sistem yang terdiri atas 15 kanal yang berbeda untuk mengirim data, dimana masing-masing kanal melakukan transfer pada frekuensi yang berbeda. Tiap kanal akan dimodulasi secara terpisah, untuk kemudian disatukan ulang menjadi sinyal tunggal yang disebut sebagai kanal super setelah diterima stasiun penerima (receiver).

Teknik ini membutuhkan dukungan dari sejumlah stasiun penerima khusus untuk menangkap seluruh data transfer dari kanal super dalam satu proses. Mengingat penggunaan receiver tunggal akan membedakan kualitas performa input sinyal yang masuk dari tiap kanal optik, jadi para ilmuwan tadi harus mengoptimalkan format modulasi beserta kode rata-rata dari masing-masing kanal optik terlebih dahulu untuk memaksimalkan kualitas tingkat rata-rata data informasi yang akan ditransfer. Lewat cara ini, tim tersebut sukses mencapai tingkat rata-rata informasi data tertinggi yang bisa ditangkap lewat sebuah stasiun penerima.

Untuk sementara, teknik ini baru bisa dijalankan ketika stasiun pemancar terhubung langsung dengan stasiun penerima. Untuk percobaan berikutnya, tim ilmuwan dari University College London akan menghubungkan kedua stasiun dengan menggunakan kabel fiber optik. Namun cara ini biasanya menemui hambatan umum seperti sinyal yang terdistorsi ketika melaju melalui kanal. Belum ada informasi kapan teknologi ini dapat digunakan pada jaringan broadband. Semoga teknologi ini segera diselesaikan sehingga memudahkan Anda untuk mengakses internet dengan cepat.

Related posts

Leave a Comment