Formula 1: Lewis Hamilton Menangkan Duel Sengit di Spanyol

Kejuaraan dunia Formula 1 start di Spanyol pada akhir pekan kemarin. Meski diperidiksi hujan akan mewarnai balapan namun kondisi cerah justru sangat mendukung jalannya balapan F1 di Spanyol.  Pebalap Ferrari ‘Sebastian Vettel’ memulai start balapan dengan bagus, meski berawal dari posisi kedua namun dirinya mampu menyalip pebalap Mercedes ‘Lewis Hamilton’ menjelang tikungan pertama. Rekan se-tim dari Vettel ‘Kimi Raikkonen’ juga memulai start dengan sempurna.

Namun pebalap Ferrari tersebut harus merasakan kesialan di Spanyol setelah mobilnya tersenggol oleh pebalap Mercedes ‘Valtteri Bottas’ Raikkonen-pun terhempas kearah pebalap Red Bull Racing ‘Max Verstappen dan keduanya mengalami kontak hingga mengalami kerusakan suspensi yang mengakibatkan keduanya langsung tersingkir pada putaran pertama.

Memasuki putaran ke-21, pebalap Mercedes melakukan pitstop untuk mengganti ban ke medium. Sementara itu dengan keberanian overtake yang dilakukan Vettel pada tikungan pertama vettel akhirnya menyalip Bottas yang disaat itu memimpin balapan disaat Hamilton masuk pitstop.

Sebastian Vetel mampu memperbesar jarak menjadi enam detik dibelakang Lewis Hamilton yang dikala itu telah menyalip Bottas untuk merebut posisi kedua. Insiden kecil-pun sempat terjadi, Vettel dan Hamilton sempat melakukan kontak di tikungan pertama, namun vettel mampu mengungguli Hamilton di tikungan tersebut.

Hamilton sempat frustasi karena menganggap pebalap Ferrari tersebut sengaja mendorongnya untuk keluar dari Grip pada tikungan pertama. Pada putaran ke-44, Hamilton membalas Vettel dan mengambil alih posisi pimpinan balapan, memanfaatkan zona DRS di lurusan start-finis. “Tidak ada harapan,” lapor Vettel kepada Ferrari soal defisit kecepatan antara mobilnya dengan mobil Mercedes.

Menjelang 10 putaran terakhir, Mercedes memberikan informasi kepada Hamiton: “Kamu tampil bagus Hamilton, terus perbesar jarak. Kami pikir Vettel mungkin akan mencoba strategi tiga pit stop, jadi kita butuh jarak yang aman,” ujar Bonnington. Setelah 66 putaran, Hamilton akhirnya finis sebagai juara GP Spanyol 2017. Vettel yang terlihat tidak semangat sejak disalip rivalnya tersebut, harus puas finis sebagai runner-up.

Related posts

Leave a Comment