USB Bakal Bisa Internetan – Developer Google Kembangkan WebUSB

Inovasi dalam teknologi terus berkembang pesat hingga saat ini. Hal ini dibuktikan oleh para developer Google yang sedang mengembangkan teknologi USB terbaru. Dua orang developer Google telah mendaftarkan sebuah API baru bernama WebUSB ke grup konsorsium World Wide Web Consortium’s Incubator Community Group (W3C WICG).

API baru-baru ini memungkinkan para produsen untuk menciptakan produk dengan port USB mereka untuk bisa langsung terhubung dengan internet secara aman. API ini bukan dirancang untuk produk seperti flashdisk atau USB flash drive, melainkan untuk perangkat seperti keyboard atau produk-produk Internet of Things lainnya. Penggunaan API ini hanya sebagai platform konektivitas hardware USB dengan internet secara aman bukan untuk melakukan tugas-tugas rumit seperti transfer file dan kegiatan lainnya.

Kedua developer Google tersebut mengatakan jika melalui WebUSB, produsen hardware bakal memiliki bekal dalam membuat SDK JavaScript cross-platform untuk produk mereka. Dengan ini para produsen tak perlu menunggu kehadiran sebuah produk yang populer terlebih dahulu untuk menyertakan API khusus yang kompatibel dengan web browser. Selain itu, proses pengembangan produk baru tersebut bisa segera dipercepat.

Mengingat selama ini sistem di komputer dan perangkat USB butuh untuk saling memverifikasi pengamanan satu sama lain tiap kali terhubung, maka idealnya harus ada sistem pengamanan serupa ketika perangkat USB terhubung dengan internet. Kedua developer Google tersebut juga berencana untuk mengembangkan sebuah tipe Cross-Origin Resource Sharing (CORS) untuk mencegah halaman web mengakses data lebih spesifik dari halaman yang pernah dikunjungi pengguna.

Setiap kali sebuah perangkat USB yang telah dilengkapi dengan WebUSB terhubung dengan internet, maka halaman web yang dikunjungi tak akan bisa memanfaatkan perangkat tersebut untuk mengakses data yang tersimpan di komputer, atau file apapun yang tersimpan di perangkat USB tadi. Kedua developer Google tersebut belum memberikan informasi lebih lanjut tentang port WebUSB ini dan perangkat yang mendukung teknologi tersebut.

Related posts

Leave a Comment